Jumat, 01 Juni 2012

Sejarah Gedung Songo Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Gedung songo adalah gedung yang memiliki beberapa yang terutama ada 9 candi namun sampai sekarang ini hanya ada 5 saja yang masih aktif dan kokoh. Selain itu juga masih diperkirakan oleh warga masyarakat disana karena robohnya candi tersebut diperkirakan oleh adanya suatu gejala yang belum bisa di toleransi oleh pihak setempat. Maka jadinya hanya ada 5 saja yang bisa dilihat oleh arawisatawan. Itulah yang bisa disampaikan oleh Raffles yaitu tentang menetapkannya bahwa jadi Gedung Songo ini hanya ada kokoh cuma ada 5 candi saja itu yang di lontarkan oleh Kolonial Inggris. Maka candi bisa dilihat data kita didalam Gambar tersebut ini antara lainnya:
Candi Gedung Songo 1
Candi Gedung Songo 1
ini adalah candi yang pertama yang bisa saya temukan di daerah tersebut. Candi ini terdapat Yoni yang ada di dalamnya, dan masih banyak bunga-bunga seperti Mawar maupun Melati. Diperkirakan tinggi candi ini sekitar 1.208 mdpl. Ini juga terdapat bangunan yang masih kokoh dan masih bisa dipergunakan oleh pihak setempat. Dan juga di belakang maupun di samping kiri maupun kanan terdapat wajah hewan atau seperti wajah hewan atau wajah harimau yang konon dikatakan pada pihak setempat itu adalah tempat para dewa untuk berjaga dari candi tersebut. Ini yang bisa daat simpulkan dari candi yang berada di Gedung Songo ini.
Candi Gedung SongoCandi Gedung Songo 2
Candi berikutnya yaitu adalah Candi Gedung Songo yang 2. Ini adalah gambarnya.
Ini adalah gambar yang bisa saya photo dari gedung songo ini. Ini juga diperoleh dari dalamnya tidak ada Yoni dan juga tidak ada apa-apa yang ada hanyalah patung-patung yang berada di sekitar pintu masuk ini. Diperkirakan juga untuk menjaga dari candi tersebut agar tidak ada roh jahat yang akan masuk itu yang diberi pendapat oleh para masyarakat disekitarnya. Namun di depan candi itu ada bangunan lagi yang sudah ada tetapi roboh dan sudah hancur. Dan dibelakang candi maupun kanan maupun kiri candi terdapat patung juga seperti Candi pertama. Dan tak lupa juga diperkirakan memiliki ketinggian mencapai 1.274 mdpl.
Selanjutnya juga diperjalanan masih banyak lagi jarak yang bisa ditempuh untuk mengetahui dari segi mana Candi Gedung itu masih kokoh? Maka setelah dari penjelasaan tersebut akhirnya terdapat Candi lainnya yaitu Candi Gedung Songo 3.  Seperti gambar di bawah ini:
Candi Gedung Songo 3
Candi ini adalah candi yang ketiga dari candi yang sebelumnya. Candi ini diperkirakan sudah lama dari jaman dulu. Cadni ini memiliki 3 buah candi yang berbeda yang ada di Candi 1 maupun Candi 2. Keunikan dari candi ini adalah dari segi bentuk dan dari segi penataan batu yang tertata dengan rapi. Dari ketiga candi ini dari yang pertama yaitu tempat untuk sesaji maupun memberikan makanan yang dijuluki oleh masyarakat untuk para dewa tidak menjadi marah. Dan ini juga terdapat beberapa benda yang ada didalamnya. Ini juga bisa diberikan alasan untuk dipergunakan sebagai sembayang dari para dewa maupun para roh yang melakukannya. Dan ini diperkirakan juga memiliki ketinggian mencapai 1.297 mdpl. Ini yang bisa saya simpulkan dari candi tersebut.
Kemudian sebelum ke Candi yang keempat          dilereng gunung ini terdapat bau yang tidak sedap yang bisa membuat orang merasa mual dan pusing. Tempat itu adalah belerang. ini dipercaya oleh orang dan warga setempat kalau belerang atau air belerangnya bisa menyembuhkan panu, dan penderita kulit lainnya. Seperti gambar dibawa samping kiri ini yang bisa saya dapatkan dari data yang sebenarnya.
Setelah melewati lereng gunung tersebut akhirnya dari perjalanan yang sangat jauh ini terdapat pula Candi yang ke 4 yaitu Candi Gedung Songo 4 seperti gambar di bawah ini.
Candi Gedung Songo 4
Ini adalah candi yang keempat. Diperkirakan tingginya mencapai sekitar 1.295 mdpl. Ini juga terdapat nenerapa arca yang bisa dapat anda lihat disekitar candi ini. Bentuk dari candi ini adalah seperti puncak yang runcing dan setiap bangunannya memiliki banyak patungnya. Diperkirakan terdapat hiasan – hiasan yang bisa dipergunakan untuk mempercantik dari candi tersebut. Dan juga terdapat Candi induk dan Candi Perawan 8 yang terdapat di bagian candi tersebut. Ini bisa disimpulkan bahwa candi ini memiliki banyak keunikan dari candi yang sebelumnya.
Kemudian dari candi yang sebelumnya akhirnya juga terdapat Candi yang ke 5 yaitu candi yang bisa dikatakan candi yang terakhir karena hanya 5 saja masih berdiri kokoh dan masih bisa dilihat oleh parawisatawan lainnya.
Candi Gedung Songo 5
Ini adalah gambar Candi uang ke 5 yang bisa saya dapatkan disana ini dia gambarnya. Candi ini adalah candi yang ke 5 yang bisa dapat anda lihat di bagian ini. Candi ini juga terdapat banyak patung yang berada disekitar kanan maupun kiri candi tersebut. Candi ini memiliki keunikannya tersendiri karena memiliki bentuk yang sama dengan candi yang ke 4 yaitu dari postur bentuknya. Ini adalah candi yang bisa saya lihat dari candi yang sebelumnya karena memiliki keanehan yang terdapat di candi Gedung 5 ini terdapat di samping kanan candi tersebut.
Ini semua yang bisa saya peroleh dari Candi Gedung Songo tersebut. Dan dari data ini bisa disimpulkan jadi Candi adalah benda yang harus kita jaga dan harus dilestarikan agar dikenal oleh warga negara lainnya kalau bangsa Indonesia memiliki banyak karya dan juga barang-barang sejarah. Di candi terdapat pula fungsi maupun kegunaannya. Ini yang bisa saya sampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar